Berita

    6 Cara Kerja Komponen AC, yang Buat Udara Sejuk dalam Mobil

    Air Conditioning (AC), saat ini menjadi fitur wajib di mobil penumpang. Fitur ini memberikan kenyamanan lebih pada ruang kabin di tengah cuaca tropis yang cenderung panas. Ia tak hanya kenyamanan AC juga membuat penumpang lebih rileks saat berada di atas mobil.

    AC sendiri terdiri dari beberapa komponen yang terbangun dalam sirkuit khusus untuk menghembuskan udara yang sejuk ke dalam ruang kabin. Yuk, kita simak komponen apa saja yang ada dalam AC.

    1. Kompresor

    Kompresor merupakan komponen terpenting dalam sistem kerja AC. Komponen ini berfungsi sebagai alat untuk mengatur sirkulasi udara. Ia bertugas menghisap dan membuang udara yang sudah terserap dalam kabin.

    Udara yang dihisap kemudian diteruskan ke evaporator untuk diolah lagi menjadi udara yang sejuk dan nyaman untuk penumpang. Saluran kompresor biasanya menghisap udara bertekanan rendah untuk kabin. 

    Sementara saluran buang kompresor akan terhubung dengan kondensor untuk membuang udara bertekanan tinggi. Jadi secara sederhana, komponen ini akan menghirup udara yang dingin untuk menyejukan kabin, sementara udara panas akan dibuang keluar. Dan itu terjadi terus menerus.

    2. Evaporator

    Evaporator bisa dikatakan sebagai alat yang bertugas untuk mendinginkan udara yang dipasok oleh kompresor. Sebagai penyejuk, ia mengolah udara panas dari luar, lalu menyerap panasnya sebelum dilepas ke ruang kabin mobil.

    Evaporator terletak di luar kabin. Biasanya hembusan pada bagian blower nanti akan melewati sisi evaporator yang kemudian diolah menjadi lebih dingin lalu melepaskan udara sejuk untuk keperluan mobil.

    Salah satu masalah yang sering timbul pada evaporator adalah terjadinya kebocoran. Jika hal ini terjadi, maka udara yang diserap dari luar akan tetap panas walaupun Anda menyalakan AC

     

    3. Kondensor

    Komponen penyusun AC lainnya adalah kondensor. Kondensor bertugas menerima gas bertekanan tinggi atau panas dari kompresor, lalu dengan kipasnya akan membuat udara lebih sejuk untuk kabin mobil. 

    Kondensor bisa merubah udara panas menjadi gas yang lebih dingin. Pada sebagian mobil kondensor terletak di depan radiator. Tapi ada juga yang diletakan pada bodi kendaraan dengan perhitungan keaerodinamisan.

    Secara spesifik, kondensor pada mobil berpenggerak roda belakang atau rear wheel drive mendapat asupan udara dari kipas pendingin mesin. Sementara mobil front wheel drive mendapatkan udara dari satu atau lebih kipas pendingin, yang membuat udara lebih sejuk.

    4. Dryer Filter

    Dryer Filter merupakan penampung gas freon yang sudah dicairkan di kondensor. Ia berfungsi sebagai penyaring kotoran termasuk uap air. Komponen AC mobil yang satu ini berfungsi untuk mengontrol suhu evaporator.

    Dryer Filter biasanya berbentuk tabung dan terpisah dari kondensor. Komponen ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara gas dan cairan, menghilangkan kelembaban, serta menyaring kotoran. 

    5.Expansion Valve

    Expansion valve memiliki fungsi untuk mengubah wujud freon cair menjadi gas melalui proses spraying. Ia membuat udara yang dihembuskan lebih sejuk. Cara kerjanya seperti parfum spray karena meskipun suhu tabung normal atau tidak dingin, tetapi akan sejuk ketika disemprotkan.

    Hal ini terjadi karena zat cair dalam selang bertekanan tinggi, dikeluar ke ruang bertekanan rendah dengan kecepatan yang tinggi. Hasilnya gas yang dihembuskan terasa lebih dingin. Proses spraying ini terjadi pada freon, sehingga ia semakin dingin sebelum dimasukan ke evaporator.

    6. Accumulator 

    Accumulator merupakan komponen pelengkap AC yang bertugas sebagai alat penurun tekanan refrigerant. Fungsinya sebagai alat penampung sementara refrigerant cair yang memiliki temperatur rendah dan campuran minyak pelumas dari evaporator. 

    Komponen satu ini terletak antara evaporator sebelum kompresor. Gas yang mengalir dari kompresor dan kondensor akan disimpan di accumulator. Selain itu juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi aliran keluar masuk bahan refrigerant menuju saluran hisap kompresor.

    Agar bekerja optimal saat digunakan, keenam komponen AC ini perlu mendapat perhatian, meskipun semuanya ada dibalik kap dan kabin mobil. Untuk itu, membersihkan komponen seperti evaporator pada waktu tertentu akan sangat membantu mengoptimalkan kinerja dan keawetan komponen AC.

    Pentingnya kondisi komponen AC tersebut tentunya harus menjadi perhatian pemilik kendaraan. Untungnya di bengkel resmi suzuki wilayah Riau, semua komponen AC akan diperiksa kondisinya saat melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Booking segera jadwal servis anda pada halaman Service di website https://suzukimobilbatam.co.id/ . Dengan ini tentunya pelanggan tidak perlu khawatir terhadap kondisi kendaraan.