Berita

    Agar Mesin Tidak Rusak, Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

    Sebagai pemilik kendaraan roda empat, sudah semestinya Anda melakukan perawatan dan menjaga kebersihan pada kendaraan Anda. Seperti halnya kerak pada mesin yang sudah semestinya Anda bersihkan secara rutin.

    Kerak yang timbul pada mesin mobil disebabkan oleh bekas oli yang masih menempel pada bagian mesin mobil. Jika dibiarkan kotor dalam waktu lama, mesin mobil akan kehilangan fungsinya secara normal.

    Maka dari itu, memperhatikan kebersihan komponen luar mesin mobil menjadi hal yang sangat penting. Oli yang menempel berangsur-angsur akan menjadi kerak. Hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

    Dampak lainnya adalah fungsi dari bahan bakar mobil akan hilang jika mesin mobil tidak dirawat dan dibersihkan dengan benar dan teratur.

    Segera lakukan pembersihan pada mesin mobil untuk menghilangkan kotoran salah satunya adalah kerak. Bagaimana caranya? Simak rangkuman mengenai cara membersihkan kerak pada mesin mobil di bawah ini.

    Cara Membersihkan Kerak pada Mesin Mobil 

    Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan kerak membandel pada mesin mobil.

            1. Pilih Alat-Alat yang Tepat

    Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk mempermudah proses pembersihan pada kerak. Siapkan sikat kecil atau sikat gigi bekas pakai atau yang sudah tidak digunakan, spons, dan kain microfiber.

    Sebelum Anda melakukan pembersihan pada mesin mobil, pastikan alat yang Anda gunakan juga bersih. Alat yang kotor dirasa akan sia-sia jika digunakan untuk membersihkan mesin. Anda perlu menggantinya dengan alat-alat yang baru atau setidaknya bersih.

            2. Engine Conditioner dan Engine Flush

    Kegiatan bersih-bersih tidak lepas dari cairan pembersih. Mesin harus dibersihkan dengan cairan khusus yang bernama engine conditioner.

    Engine conditioner akan menghasilkan busa ketika cairan tersebut disemprotkan pada permukaan dan bagian mesin yang akan dibersihkan. Busa tersebut dapat mempermudah proses pembersihan.

    Tidak hanya engine conditioner, Anda juga perlu menggunakan engine flush. Bentuk dari pembersih satu ini adalah seperti deterjen yang berfungsi membuang kotoran dan kerak pada mesin melalui jalur oli.

    Cara menggunakan engine flush adalah dengan memasukkan cairan tersebut ke dalam mesin sebelum oli diganti. Lalu, Anda dapat menyalakan mesin mobil sekitar 15 menit menginjak gas hingga RPM berada di angka 2.000 RPM. Buang oli yang menetes keluar saat mesin masih panas.