Berita

    Awas! Inilah Penyebab Rem Mobil Ngempos

    Sangat berbahaya jika Anda tidak rutin mengecek fungsi rem mobil setiap kali digunakan. Masalah rem blong atau ngempos bisa terjadi kapan saja tanpa disadari dan akibatnya sangat fatal.  

    Rem yang menjadi komponen penting kendaraan adalah fitur keselamatan terbesar yang perlu diperhatikan. Anda perlu tahu apa yang menjadi penyebab rem mobil ngempos atau blong supaya bisa mengatasinya dengan cepat.  

    Apa saja yang menyebabkan rem mobil bisa mengalami blong? Kenali penyebabnya berikut.  

    Penyebab Rem Mobil Ngempos yang Wajib Diwaspadai

    Rem yang tidak bekerja dengan baik bukan hanya membahayakan penumpang mobil, tetapi juga pengendara lainnya. Anda bisa saja mengalami kecelakaan beruntun di jalanan. Sebenarnya kerusakan pada rem tidak terjadi begitu saja, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi sejak awal. Contohnya saja pedal rem terasa bergetar saat diinjak, arah mobil tidak lurus dan pada akhirnya rem terasa ambles.  

    Penyebab rem mobil ngempos juga ada beberapa macam, berikut ini yang bisa Anda pelajari sekaligus tips mudah untuk mengatasinya. 

            1. Sistem Mobil ABS (Anti Lock Braking System)

    Salah satu penyebab rem mobil ngempos adalah adanya efek dari sistem ABS mobil itu sendiri. Jadi ketika mobil tidak bergerak namun saat mencoba menginjak rem tapi terasa blong, mungkin inilah penyebabnya. ABS pada mobil punya fungsi untuk mencegah roda mobil terjadi selip. Pada umumnya ABS ini bekerja dengan menggunakan semacam pompa untuk menekan minyak rem. Maka meskipun rem sudah diinjak, sebetulnya minyak rem belum otomatis tertekan tapi lebih dulu melewati pompa ABS ini sehingga terasa blong. Kondisi seperti ini wajar jika mobil tidak sedang bergerak.

            2. Gelembung Udara Masuk Ke Sistem Hidrolis Rem

    Penyebab rem mobil ngempos  yang kedua ini lebih sering dikenal sebagai rem yang masuk angin. Sistem rem mobil memanfaatkan sistem hidrolis di mana minyak rem akan bekerja menciptakan tekanan ketika pedal rem diinjak. Sayangnya ketika volume minyak rem dalam reservoir ini berkurang, maka gelembung udara akan mudah sekali masuk. Gelembung udara inilah yang menjadi sumber penyebab rem ngempos ketika diinjak. Masuknya udara ini adalah hal yang sangat umum terjadi, karena sifatnya yang mudah dikompresi. Pada saat tekanan minyak rem naik maka tekanan hidrolis justru akan diserap udara dalam saluran hidrolis. Akibatnya kaliper rem tidak mendapatkan tekanan hidrolis. Cara mudah mengatasi gelembung udara ini adalah dengan bleeding. Anda bisa mengocok pedal rem bolak balik sampai terasa berat ketika diinjak. Kemudian buka bleeder nipple sampai gelembung udaranya keluar. Jangan lupa juga untuk menambah volume minyak rem.