Berita

    Biar Ga Tekor, Ini 7 Cara Menghemat BBM Kendaraan Anda

    Masa pandemi saat ini membuat banyak orang berhemat di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah cara menghemat BBM kendaraan bermotor. Semakin hemat dalam menggunakan bahan bakar, semakin banyak uang yang dapat dihemat.

    Tanpa mengandalkan alat apapun atau mengotak-atik mobil, Anda bisa menghemat bahan bakar mobil dengan mengikuti beberapa cara mudah di bawah ini.

    Cara Menghemat BBM Kendaraan Anda

    Terdapat sejumlah cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Apa saja? Berikut masing-masing penjelasannya:

    • Periksa Tekanan Ban

    Periksa secara berkala tekanan ban mobil Anda. Ban yang kurang tekanan akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Pastikan tekanan ban mobil Anda selalu sesuai dengan rekomendasi pabrik atau bengkel.

    Jika tekanan ban yang disarankan oleh pabrikan mobil adalah 32 psi, pastikan ban Anda memiliki tekanan yang sama. Jangan tergoda untuk mengurangi tekanan ban, karena hal itu dapat mengakibatkan ban lebih cepat aus dan memengaruhi keseimbangan mobil.

    • Hindari Over-Acceleration

    Hindari akselerasi yang berlebihan, karena hal ini akan membuat mesin bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Sebaiknya gunakan akselerasi secara perlahan dan stabil.

    Contohnya, ketika Anda berada di persimpangan atau jalan raya, gunakan akselerasi yang cukup untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan cepat, namun jangan sampai mengeluarkan tenaga yang berlebihan.

    • Jangan Rem Mendadak

    Hindari rem mendadak yang dapat membuat konsumsi bahan bakar meningkat. Sebaiknya gunakan rem secara perlahan dan stabil.

    Cara ini bisa Anda terapkan ketika berada di dalam kendaraan dan melihat kendaraan di depan Anda mulai berhenti, jangan menekan pedal rem dengan keras.

    Sebaliknya, gunakan rem secara perlahan dan stabil untuk menghindari rem mendadak. Alternatif lain, Anda bisa menjaga jarak dengan mobil di depan, sekitar 2-3 detik

    • Matikan Mesin saat Berhenti Lama

    Cara menghemat BBM selanjutnya adalah mematikan mesin saat berhenti dalam waktu yang lama, seperti dalam kondisi macet, dapat membantu menghemat bahan bakar. Ini karena mesin tidak bekerja dan tidak mengkonsumsi bahan bakar.

    Jadi, lain kali Anda terjebak dalam kemacetan yang tidak juga bergerak, matikan dulu mesin mobil Anda untuk menghemat bahan bakar.