Berita

    Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Expansion Valve

    Seperti yang Anda ketahui AC berfungsi untuk memberikan hawa sejuk di ruangan sehingga Anda tidak merasa gerah. Di dalam ac terdapat beberapa komponen yang penting salah satunya adalah expansion valve atau katup ekspansi. 

    Katup ekspansi merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol aliran refrigerant dalam AC. Katup ekspansi terletak di bagian filter dryer yang akan mengubah tekanan refrigerant menjadi dingin. Tanpa katup ini AC tidak bisa menghasilkan hawa dingin. 

    Lalu, apa saja fungsi expansion valve? Berikut ulasannya.

    1. Mendinginkan dan Menurunkan Refrigerant

    Fungsi pertama dari katup ekspansi adalah mendinginkan refrigerant. Refrigerant atau freon berfungsi untuk menghasilkan hawa dingin, namun sebenarnya refrigerant memiliki suhu yang panas. Setelah melalui filter dryer, katup ini akan mengubah suhu refrigerant yang panas menjadi dingin.

    Katup ekspansi dapat menurunkan suhu refrigerant menjadi -30 derajat celcius atau menyesuaikan suhu yang ditentukan dengan remot. 

            2. Mengontrol Jumlah Refrigerant

    Fungsi expansion valve yang tak kalah penting berikutnya adalah mengontrol jumlah aliran refrigerant yang akan dikeluarkan menuju evaporator. Ketika suhu refrigerant sudah turun, maka katup ekspansi akan menentukan jumlah refrigerant yang perlu dikeluarkan menuju evaporator.

    Jumlah refrigerant yang dikeluarkan menyesuaikan beban pendingin AC dengan bantuan sensing tube. Apabila suhu kabin panas maka katup ekspansi akan terbuka untuk mengalirkan banyak refrigerant. Sebaliknya, apabila suhu kabin dingin maka katup akan sedikit terbuka.

    Semakin tinggi suhu, semakin banyak pula jumlah refrigerant yang perlu dikeluarkan melalui evaporator. Katup ini juga berfungsi untuk memberikan suhu yang konsisten dan efisien pada AC. 

    Komponen Katup Ekspansi

    Sama halnya dengan AC, katup ekspansi juga terdiri dari beberapa komponen. Dilansir dari Suzuki, inilah beberapa komponen katup ekspansi diantaranya yaitu:

    1. Outlet

    Outlet merupakan saluran yang menjadi jalan antara katup ekspansi dengan evaporator. Fungsinya adalah untuk mengirim refrigerant keluar dari katup ekspansi menuju evaporator. 

            2. Inlet

    Saluran ini menjadi jembatan yang menghubungkan katup ekspansi dengan filter dryer. Fungsinya adalah sebagai jalur masuknya refrigerant yang berasal dari dryer menuju katup untuk diproses menjadi dingin.