Berita

    Ketahui Apa itu Brake Fluid? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Brake fluid atau sering disebut juga dengan minyak rem adalah salah satu komponen cairan penting dalam sistem pengereman kendaraan. Komponen ini sangat vital dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh cairan lainnya. 

    Maka dari itu, Anda juga tidak bisa asal-asalan untuk memilih minyak rem. Apa saja fungsi minyak rem dan bagaimana cara kerjanya? Ketahui pada pembahasan informatif dalam artikel ini!

    Apa itu Brake Fluid?

    Seperti yang telah disebutkan di atas, cairan ini seringkali disebut sebaik minyak rem. Yaitu cairan dengan formula khusus yang berguna untuk mendistribusikan daya pengereman dari pedal ke rem kendaraan.

    Bahan pembuatan cairan ini adalah zat kimia yang telah disesuaikan dengan standar industri otomotif. Cairan untuk minyak rem harus mempunyai sifat kohesif, tahan panas tinggi dan tidak mudah menguap. 

    • Inilah Fungsi Brake Fluid bagi Mobil

    Terdapat beberapa fungsi umum dari minyak rem yang harus Anda ketahui. Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

    • Pembersih Kotoran

    Minyak rem dapat berfungsi sebagai pembersih kotoran yang menempel di sistem pengereman. 

    Kotoran tersebut biasanya berupa debu yang akan dengan mudah dibersihkan oleh minyak rem. Sehingga dapat membuat kinerja sistem pengereman jadi optimal.

    • Pelumas Sistem Pengereman

    Saat pedal rem diinjak, akan ada komponen yang saling bergesekan pada sistem pengereman. Jika komponen tersebut tidak mendapat minyak pelumas yang sesuai kebutuhan, maka komponen akan mudah aus. 

    Minyak rem bisa meminimalisir adanya gesekan, sehingga komponen di sistem pengereman tidak cepat aus.

    • Tahan Panas dan Menjaga Suhu

    Minyak rem merupakan cairan yang sifatnya kohesif, yaitu memiliki ketahanan panas yang tinggi dan bisa menjaga agar suhu tetap dingin. 

    Sehingga, ketika Anda melakukan pengereman mendadak gesekan yang panas itu bisa didinginkan dengan kehadiran minyak rem. 

    • Menyeimbangkan Tekanan

    Selain itu, minyak rem juga memiliki fungsi yang bisa menyeimbangkan tekanan pada sistem pengereman. Terutama saat Anda sedang melakukan pengereman. Sehingga, saat pedal rem diinjak semua roda mobil bisa berhenti dengan otomatis.

    Cara Kerja Minyak Rem

    Saat Anda melakukan pengereman, akan muncul gesekan pada bagian cakram dengan kampas rem. Gesekan tersebut memunculkan panas yang dapat menghentikan laju kendaraan sesuai dengan tekanan yang terjadi di komponen tromol.