Berita

    Wajib Tahu Tentang Aquaplaning & Tips Mencegahnya

    Ketika curah hujan tinggi, bukan hanya banjir yang menjadi masalah bagi kendaraan kamu. Tetapi, aquaplaning juga bisa mengakibatkan kecelakaan apabila tidak tertangani dengan baik. 

    Aquaplaning adalah masalah yang disebabkan ketika lapisan air dibiarkan menumpuk di antara ban kendaraan dan permukaan jalan di bawahnya. Pada titik ini, ban tidak dapat mencengkeram jalan dan mengakibatkan kurangnya traksi yang berarti pengemudi kehilangan kendali sehingga tidak dapat menyetir, mengerem, atau berakselerasi. Ketika itu terjadi, tabrakan dengan mobil lain bisa saja terjadi. 

    Oleh karena itu, penting bagi kamu meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari tentang apa itu maknanya, bagaimana bertindak jika hal tersebut terjadi, dan apa yang dapat dilakukan untuk menghindarinya sejak awal. 

    Penyebab Aquaplaning

    Aquaplaning bisa disebabkan karena curah hujan yang tinggi sehingga air menumpuk di permukaan jalan. Bisa juga berupa genangan air yang terdapat di dalam lubang yang ada di tengah atau pinggir jalan. Kedalaman air untuk bisa disebut Aquaplaning setidaknya harus 2,5 mm.

    Selain itu, Aquaplaning dapat diperparah oleh dua faktor lain yaitu kondisi ban dan kecepatan kendaraan. Sebab, ban yang berkualitas baik bisa membersihkan setara dengan satu ember air dari jalan setiap tujuh detik. Itu berarti, ban yang berada dalam kondisi prima dapat menangani cukup banyak air saat berkendara dalam kondisi basah. 

    Sebaliknya, ban dengan tapak rendah akan kesulitan membersihkan air sebanyak mungkin. Dalam kondisi yang salah, hal itu dapat memperburuk masalah, sehingga memungkinkan lapisan air menumpuk di bawah ban. 

    Ciri-ciri Aquaplaning

    Ciri-ciri ketika ban mengalami Aquaplaning ialah: 

    • Kamu merasakan mesin tiba-tiba lebih keras. 
    • Kamu merasa seperti menjatuhkan kopling ke persneling ketika sedang mengemudi dengan kecepatan tinggi dan menyebabkan putaran meningkat. 
    • Kamu merasakan kemudi menjadi 'ringan'. 

    Tips untuk Mencegah Aquaplaning

    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pengendara untuk menghindari Aquaplaning, antara lain:

            1.  Pahami kondisinya

    Selalu periksa kondisi cuaca sebelum mulai mengemudi, terutama ketika hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Periksa pula kondisi ban sebelum mulai berkendara. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi jalanan ketika tengah hujan dan perhatikan rambu-rambu peringatan yang ada.