Berita

    5 Tips Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

    Salah satu fitur utama pada mobil adalah sabuk pengaman. Anda wajib cek sabuk pengaman secara berkala untuk memastikan kualitasnya terpelihara, sehingga keamanan selama berkendara selalu terjamin. 

    Lalu bagaimana cara mengecek apakah sabuk pengaman masih dalam kondisi prima atau tidak? Mari cari tahu lewat pembahasan berikut!

    Tips Cek Sabuk Pengaman Mobil Ini

    Terdapat lima cara untuk mengetahui kondisi sabuk pengaman di mobil Anda. Apa saja itu? Ketahui lewat poin-poin dan penjelasan di bawah ini!

    • Mengecek Kondisi Fisik

    Anda dapat memeriksa kepala sabuk dengan memastikan apakah masih bisa digunakan atau tidak. 

    Kemudian, Anda bisa mengecek tali sabuk pengaman agar tahu kualitasnya. Bila muncul lilitan atau gumpalan benang di tengah hingga tepi sabuk, maka artinya kondisi fisik sabuk pengaman mulai rusak karena faktor usia yang menjadikan tali lapuk dan rapuh.

    Apalagi bila ditemukan robek pada tali sabuk, maka Anda bisa memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Selain tampilan sabuk kurang menarik, kemampuan sabuk untuk menahan tubuh penumpang juga sudah berkurang.

    • Menggunakan Scanner On–Board Diagnostic (OBD)

    Mobil memiliki scanner bernama OBD, atau On–Board Diagnostic, yang fungsinya memonitor maupun mendiagnosis permasalahan pada sistem komputer bernama Electronic Control Unit (ECU).

    ECU pada mobil mengontrol sensor yang terdapat pada bagian seperti air conditioner, kemudi, sampai dengan airbag mobil. 

    Melalui scanner OBD, Anda bisa mengetahui apakah sabuk pengaman masih layak pakai atau terdapat error. Pastikan scanner masih berfungsi dengan baik agar diagnosa sabuk akurat.

    • Mengecek Locking Retractor

    Salah satu komponen sabuk pengaman adalah retractor, yang berfungsi untuk mengunci tali sabuk (webbing) agar dapat menahan tubuh sehingga tetap berada di kursi ketika terjadi kecelakaan.

    Retractor terdapat di samping atau atas kepala. Anda bisa mengecek komponen ini dengan menariknya secara keras dan cepat. Bila locking retractor berfungsi dengan baik, sabuk pengaman akan mengunci. 

    Namun, bila terdapat kerusakan pada retractor maka sabuk tidak akan terkunci melainkan blong. Jadi, cara ini bisa Anda lakukan untuk cek sabuk pengaman mobil.  

    • Mengecek Buckle Sabuk