Berita

    Featured Image

    Cara Membuat Mobil Anda jadi Ramah Anak

    Cara membuat mobil Anda jadi ramah anak bukan berarti memangkunya selama perjalanan. Melainkan menyediakan beberapa perlengkapan yang membuat mereka tetap nyaman dan aman seperti bantal dan car seat. 

    Dengan begitu, jauhnya jarak yang harus ditempuh tidak akan terasa. Sebaliknya, mereka bisa beraktivitas dan tetap ceria, bahkan bisa tidur dengan nyenyak di dalam mobil. 

    Sebenarnya, apa saja yang perlu disiapkan agar mobil keluarga menjadi kendaraan ramah anak? Berikut informasinya!

    Memahami Cara Membuat Mobil Anda jadi Ramah Anak 

    Momen traveling jarak jauh menggunakan mobil bersama anak terkadang membawa ketakutan tersendiri bagi orang tua. 

    Pasalnya, ada kemungkinan anak akan rewel sepanjang perjalanan. Namun dengan membuat kendaraan jadi ramah anak maka perjalanan jauh tidak akan terasa melelahkan, berikut caranya.  

    • Memiliki Fitur Isofix

    Jika Anda traveling dengan membawa anak yang masih bayi atau balita, sebaiknya gunakan kendaraan yang telah memiliki fitur isofix. Sebab, postur tubuh balita masih belum sesuai jika harus menggunakan sabuk pengaman. 

    Fitur yang letaknya ada di bawah sandaran jok baris kedua ini bentuknya berupa dua besi pengait. Fungsinya adalah untuk mengaitkan kursi bayi pada jok mobil sehingga anak terhindar dari risiko terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

    • Menggunakan Seat Cover

    Merupakan pelindung untuk kursi mobil yang bersifat anti air. Dengan memasang seat cover kursi mobil akan terhindar dari tumpahan air dan makanan, atau terkena percikan anak yang buang air. 

    Selain itu, seat cover juga mudah dibersihkan yaitu dengan cara dicuci dan dikeringkan sebelum digunakan kembali. 

    • Menyediakan Car Seat

    Car seat merupakan salah satu benda yang harus dimiliki saat bepergian menggunakan mobil bersama anak. Sebab, car seat dirancang secara khusus dengan menggunakan bantalan yang super tebal dan empuk sehingga anak merasa nyaman.   

    kursi anakPixabay

    • Menyediakan Bantal

    Lamanya perjalanan bisa membuat anak bosan dan lelah. Untuk itu, cara membuat mobil Anda jadi ramah anak yang berikutnya adalah selalu menyediakan bantal kecil atau bantal leher. 

    Dengan bantal tersebut anak merasa tetap tenang dan bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan. 

    • Dilengkapi dengan Berbagai Fitur Safety yang Canggih

    Hanya mengandalkan sabuk pengaman dan car seat saja tidak cukup saat traveling bersama anak. Anda perlu menggunakan mobil yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur safety yang canggih, antara lain: 

    • Sensor sabuk pengaman yang akan berbunyi jika ada yang tidak menggunakan seat belt;

    • Alarm pengemudi untuk mengingatkan Anda berapa lama telah berkendara, bisa juga digunakan sebagai pengingat untuk istirahat sejenak;

    • Child safety lock yang berfungsi mengunci pintu mobil sehingga tidak bisa dibuka dari dalam meski Anda telah membuka fitur central lock

    • Fitur pengunci jendela yang berfungsi agar jendela mobil tidak bisa dinaik-turunkan dengan sengaja oleh anak saat mobil telah berjalan; 

    • Memasang kaca spion tambahan untuk memudahkan dalam melihat ke belakang tanpa harus menoleh atau mengubah posisi spion tengah. 

    • Menyediakan Hiburan

    Jangankan anak kecil, orang dewasa pun akan merasa bosan jika tidak melakukan apapun dalam waktu yang lama, apalagi saat di perjalanan. 

    Untuk itu, sediakanlah hiburan yang bisa menarik minat anak seperti mainan khusus balita, film dan musik anak-anak, dan lain sebagainya. 

    • Hindari Merokok dalam Mobil

    Ini merupakan salah satu yang paling penting. Sebab rokok dapat mengganggu kenyamanan anak dan tentunya bisa berdampak pada kesehatan mereka. Oleh sebab itu hindari merokok saat Anda bersama Anak Anda.

    • Pasang Stiker Baby on Board

    Cara terakhir agar kendaraan jadi ramah anak adalah dengan memasang stiker bertuliskan “Baby on Board” pada kaca belakang mobil. Stiker ini berguna sebagai penanda bagi pengendara lain untuk lebih waspada saat berada di sekitar mobil Anda. 

    Saat terjadi kecelakaan, stiker ini bisa memberikan informasi kepada petugas penyelamat agar segera melakukan tindakan dan memprioritaskan keselamatan anak atau bayi. 

    Itulah berbagai cara membuat mobil Anda jadi ramah anak agar tidak rewel selama perjalanan. Sebelum berangkat, jangan lupa untuk melakukan servis rutin terlebih dahulu di bengkel resmi Suzuki.