Berita

    Featured Image

    Layak Dicoba! Jenis Olahraga Mobil ini Bisa Dijadikan Hobi

    Jika Anda sangat menyukai kendaraan roda empat, maka ada beragam jenis olahraga mobil yang bisa dipertimbangkan sebagai hobi. Dengan demikian, kehidupan Anda bisa menjadi lebih menyenangkan.

    Jenis-jenis olahraga tersebut bisa dipilih sesuai keinginan, kondisi, maupun kebutuhan. Informasi selengkapnya mengenai jenis-jenis olahraga ini bisa dilihat di ulasan berikut.

    Ragam Jenis Olahraga Mobil sebagai Hobi

    Saat ini ada banyak jenis olahraga yang menggunakan mobil atau kendaraan sejenis dan bisa menjadi hobi di kala senggang. Menariknya, olahraga tersebut bisa menghasilkan uang tambahan jika ditekuni dengan baik. Adapun di bawah ini adalah jenis-jenis olahraga tersebut:

    • Offroad

    Bila Anda suka memacu adrenalin di jalanan yang menantang, maka olahraga offroad bisa dipertimbangkan.

    Terlebih lagi jika Anda mempunyai kendaraan yang mumpuni untuk olahraga ini dan terawat dengan baik. Salah satunya adalah Suzuki Jimny keluaran tahun 2024.

    Offroad sendiri merupakan balapan di atas lintasan ekstrem, seperti tanah, sungai, maupun bebatuan. Balapan ini sering dipertandingkan di berbagai tempat maupun tingkat. Tentu diperlukan keahlian khusus dan keuletan agar bisa menaklukkannya.

    • Drifting

    Semenjak film tentang drifting ditayangkan di seluruh dunia, jenis olahraga mobil ini semakin dikenal oleh para pencinta mobil termasuk di Indonesia.

    Menariknya, olahraga ini kerap dipertandingkan sehingga para pengemudinya pun berpeluang untuk mendapatkan hadiah jika memenangkannya.

    Olahraga ini sendiri dilakukan di lintasan yang berkelok-kelok. Meskipun berkelok-kelok, para pengemudi tetap harus mempertahankan kecepatannya agar bisa berbelok tanpa tertinggal.

    Saat berbelok inilah yang membuat sensasi pada pengemudi mobil maupun para penonton muncul.

    • Gokar

    Bila Anda ingin balapan layaknya pembalap Formula 1 namun dengan harga lebih terjangkau, maka gokar bisa dicoba. Tak hanya sekadar hobi saja, olahraga ini bisa menambah kepiawaian Anda dalam mengendarai mobil di jalan.

    gokar sebagai hobiFreepik.com

    Anda bisa memulainya dengan berlatih gokar di lintasan-lintasan yang telah dibangun di berbagai kota. Bila perlu, ikuti komunitasnya dan belajarlah dari para ahli.

    Jika bisa menekuni olahraga ini, siapa tahu Anda bisa mengikuti kejuaraan balapan dengan mobil yang berlevel di atas gokar.

    • Rally

    Jenis olahraga mobil lainnya yang umum untuk dijadikan hobi adalah rally. Rally adalah balapan yang menggunakan beragam jenis medan maupun jalur menantang. Meskipun demikian, jalur rally tak seekstrem offroad

    Sebagai contoh, dalam satu putaran Anda harus memacu kecepatan di jalanan aspal. Namun selanjutnya, jalanan berkerikil hingga berlumpur harus Anda taklukkan hingga memenangkan balapan ini.

    Meski tak seekstrem offroad, balapan rally tetap menuntut pengemudinya untuk berkonsentrasi dan tahan banting. Jika Anda bisa menaklukkannya, mengendarai mobil di jalanan biasa akan terasa lebih mudah.

    • Drag Race

    Drag race cocok bagi Anda yang ingin memacu kendaraan di jalanan lurus dalam jarak yang singkat. Memang olahraga ini terlihat sederhana.

    Bagaimanapun juga, Anda perlu mengatur strategi seperti memindah persneling di waktu yang tepat agar bisa memenangkan balapan.

    Drag race biasanya dilakukan di lintasan sejauh 201 atau 402 meter. Jika ingin melakukan olahraga ini, gunakanlah lintasan resmi untuk menghindari hal-hal yang membahayakan.

    • Endurance

    Suka dengan olahraga ekstrem? Anda bisa mencoba endurance. Olahraga ini mungkin akan terasa sulit dilakukan, namun bagi Anda yang yakin dengan kondisi fisik Anda, maka endurance layak dicoba.

    Olahraga mengharuskan Anda untuk balapan selama 30 menit hingga 24 jam non-stop. Tak hanya ketahanan pengemudi saja yang diuji, namun juga mobil yang dikendarai.

    Itulah beragam jenis olahraga mobil yang bisa Anda pilih sebagai hobi. Seluruh olahraga tersebut dapat menunjang Anda dalam mengendarai mobil baru Suzuki yang baru keluar tahun ini.