Berita

    Featured Image

    Tips Mengemudi yang Aman di Jalan yang Banyak Tikungan

    Mengetahui tips mengemudi di jalan yang banyak tikungan akan meminimalkan risiko kecelakaan. Ini mengingat tikungan jadi titik yang rentan terjadi kecelakaan. Terutama ketika jalanan sedang licin akibat peristiwa seperti hujan.

    Tikungan yang jalanannya basah juga mengurangi daya cengkeram ban. Selain itu, risiko selip, oversteer, hingga understeer berpotensi Anda alami. Pelajari tips yang bisa Anda terapkan agar mengemudi di tikungan jadi lebih aman!

    5 Tips Mengemudi di Jalan yang Banyak Tikungan dengan Aman

    Mampu mengendalikan kemudi jadi kunci menaklukkan tikungan dan melewatinya dengan aman. Tips-tips di bawah ini jadi panduan yang bisa Anda ikuti:

    • Menurunkan Kecepatan dengan Tepat

    Salah satu prinsip utama yang perlu Anda terapkan agar tikungan terlewati dengan aman adalah menurunkan kecepatan. Ini perlu Anda terapkan saat hendak menikung. Sebab, traksi jadi lebih baik sehingga laju mobil pun terkendali.

    Untuk batasnya, tidak ada ketentuan yang pasti. Anda bisa mengukur sendiri kemampuan mengendalikan kendaraan. Apabila Anda kesulitan mengendalikan kendaraan pada batas kecepatan tertentu, sebaiknya turunkan laju kendaraan tersebut.

    • Menginjak Rem dengan Wajar

    Selanjutnya, Anda perlu menghindari kesalahan menginjak rem yang terlalu dalam. Hal tersebut dapat menurunkan traksi kendaraan Anda. Sebaliknya, tips mengemudi di jalan yang banyak tikungan adalah Anda bisa menginjak pedal rem dengan wajar.

    Sembari menginjak rem, Anda tetap perlu bersiap-siap. Ini demi mengantisipasi apabila terjadi kondisi yang memerlukan penurunan kecepatan di jalan. Misalnya, terdapat kendaraan berhenti di depan atau berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

    Setelah kecepatan kendaraan Anda menurun, injaklah pedal gas saat mobil akan keluar dari titik tikungan. Begitulah cara aman melewati tikungan. 

    • Mengoptimalkan Ancang-Ancang

    Sebelum Anda melewati tikungan, pastikan untuk mengoptimalkan ancang-ancang. Posisikan mobil lebih siap untuk menikung saat Anda melihat tikungan di depan.

    Terdapat prinsip “out to out” untuk jadi panduan dalam mengoptimalkan ancang-ancang. Lebih jelasnya, Anda bisa memosisikan mobil pada arah yang berlawanan dari arah tikungan. 

    Mengoptimalkan Ancang-AncangPexels.com

    Jika Anda perlu menikung ke arah kiri, sebelum itu posisikan kendaraan condong ke kanan saat masuk tikungan. Kemudian, mobil bisa meningkatkan kecepatan apabila telah melewati tikungan. 

    Prinsip ini dapat juga Anda terapkan ketika harus menikung ke arah kanan. Anda bisa memosisikan kendaraan condong ke kiri. Jadi, mobil berada pada posisi yang tepat ketika melewati tikungan.

    • Mengendalikan Setir dengan Maksimal

    Tips mengemudi di jalan yang banyak tikungan berikutnya adalah mengendalikan setir secara maksimal. Pastikan mobil tetap berada pada jalur yang sesuai saat menikung. 

    Posisi dan kondisi tikungan dapat memengaruhi besaran putaran setir yang Anda lakukan. Ini membuat ukuran sebagai patokannya tidak pasti. Anda hanya perlu mengukur sesuai perkiraan, sama halnya ketika mengendalikan kendaraan di situasi normal. 

    • Meningkatkan Kewaspadaan di Jalanan Basah

    Perlu keamanan dan kewaspadaan yang ekstra saat melewati tikungan dengan jalanan basah. Ini mengingat jalanan dengan genangan air rentan menjadi pemicu aquaplaning. 

    Kondisi tersebut terjadi ketika ban kurang maksimal menapak pada permukaan jalan yang ada airnya. Tetapi, desain tapak yang khusus terdapat pada ban agar bisa menapak dengan optimal. Jadi, pastikan kondisi ban Anda selalu prima.

    Lima tips mengemudi di jalan yang banyak tikungan tersebut semoga bermanfaat bagi Anda. Hal-hal seperti kecepatan hingga kondisi ban jadi perhatian ekstra yang bisa Anda tingkatkan.