Berita

    Featured Image

    Anda Wajib Hindari 5 Lokasi Parkir Ini

    Tidak semua tempat aman untuk dijadikan lokasi parkir mobil. Ada beberapa lokasi parkir yang harus dihindari untuk kebaikan Anda. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kerusakan mobil atau kejadian yang tidak diinginkan. 

    Artikel ini akan membahas mengenai lokasi parkir yang sebaiknya Anda hindari saat memarkirkan kendaraan. Baik untuk alasan keamanan mobil, maupun alasan lain yang berhubungan dengan kenyamanan.

    5 Lokasi Parkir yang Harus Dihindari

    Setidaknya ada lima lokasi parkir yang harus Anda hindari. Bukan karena ada ketentuan khusus, namun alasan lain yang berhubungan dengan keamanan kendaraan Anda. Berikut penjelasannya:

    • Di Bawah Pohon Besar

    Pohon besar memang dapat memberikan keteduhan, namun menyimpan potensi bahaya bagi mobil Anda. Daun dan ranting pohon yang jatuh dapat menggores atau bahkan merusak bodi mobil. 

    parkir Di Bawah Pohon BesarPexels.com

    Apalagi jika pohon besar itu rimbun. Lalu Anda memarkirnya saat musim hujan. Maka potensi adanya guguran daun atau ranting pohon jadi semakin besar. 

    • Di Tanjakan atau Turunan yang Curam

    Parkir di tanjakan atau turunan yang curam dapat membahayakan keselamatan Anda dan orang lain. Saat rem tangan tidak kuat menahan beban mobil, mobil bisa saja meluncur ke bawah dan menabrak kendaraan lain atau pejalan kaki.

    Untuk itu, sebaiknya cari lokasi parkir lain yang lebih aman. Usahakan pada bidang atau jalanan yang datar, agar keselamatan Anda juga terjamin. Selain itu, supaya rem mobil Anda juga tidak bekerja terlalu keras.

    • Di Bawah Sinar Matahari Langsung

    Lokasi parkir yang harus dihindari selanjutnya adalah tempat yang tidak punya peneduh, atau di bawah sinar matahari langsung. Tahukah Anda jika mobil terlalu lama diparkir di bawah sinar matahari, maka bisa menyebabkan kerusakan cat?

    Untuk itu, sebaiknya cari tempat teduh. Hal ini supaya mobil Anda tidak mudah kusam karena terpapar sinar matahari langsung dengan jangka waktu yang lama. 

    • Di Area Pejalan Kaki

    Tidak banyak pengemudi paham mengenai hal ini. Padahal, berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2009, ada larangan untuk tidak parkir di tempat pejalan kaki.

    Baik itu motor atau mobil, Anda dilarang untuk memarkirkan kendaraan di sana. Sebab area tersebut memang diperuntukkan untuk pejalan kaki. Jika dipakai untuk parkiran, maka tentu saja akan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain atau pejalan kaki.

    • Area dengan Tingkat Kriminalitas Tinggi

    Sebelum memarkir mobil, penting untuk mengetahui tingkat kriminalitas di sekitar lokasi parkir. Hindari parkir di area yang dikenal memiliki tingkat kejahatan yang tinggi. Seperti daerah yang sering dilaporkan terjadi pencurian kendaraan atau perampokan. 

    Sebab hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Mobil Anda menjadi tidak aman jika ditinggal terlalu lama. Apalagi jika area tersebut memang tidak diperuntukkan untuk lahan parkir.

    Pilihlah tempat parkir yang terletak di area yang relatif aman dan terawat. Jika memang terpaksa untuk parkir, sebaiknya jangan letakkan barang berharga di dalam mobil. Anda juga bisa meminta rekan untuk berdiam diri di mobil untuk menjaga dari tindak kejahatan.

    Dalam memilih lokasi parkir, selalu prioritaskan keselamatan dan keamanan kendaraan Anda. Hindari lokasi-lokasi yang berpotensi membahayakan Anda atau kendaraan, dan pastikan untuk memilih tempat parkir yang legal dan terawat. Jaga kendaraan Anda dengan baik dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar saat melakukan parkir.