Berita

    Penting! Tips dan Cara Aman Berkendara dengan Hewan Peliharaan

    Membawa hewan dalam mobil tentu saja sangat menyenangkan. Tetapi dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan mereka. Dengan begitu, hewan tidak mengganggu keselamatan Anda dalam berkendara. 

    Perlu Anda ketahui, ada kondisi hewan yang rentan kaget karena belum terbiasa naik kendaraan. Maka demikian, tidak heran jika ada pemberontakan seperti suara atau tindakan yang bisa mengganggu konsentrasi Anda.

    Persiapkan Hal Ini Jika Ingin Membawa Hewan dalam Mobil

    Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan apabila ingin berjalan-jalan dengan hewan menggunakan mobil. Supaya hewan enjoy dan Anda juga tidak terganggu.

    Berikut adalah beberapa tips dan cara aman yang dapat dilakukan untuk membawa hewan peliharaan dalam mobil:

    • Gunakan Alat Pengaman yang Sesuai

    Untuk membawa hewan dalam mobil, sebaiknya pastikan hewan peliharaan Anda dijamin dengan alat pengaman yang sesuai! 

    Gunakan tali pengaman atau harness khusus hewan peliharaan untuk mencegah mereka berkeliaran di dalam mobil selama perjalanan. Jangan biarkan mereka bergerak bebas karena ini dapat menjadi sumber gangguan dan bahaya.

    Anda juga perlu memikirkan untuk membawa kandang saat di perjalanan. Namun tentu saja pastikan kandang muat pada mobil ya. Supaya tidak merusak interior juga. 

    • Perkenalkan Mobil pada Hewan Peliharaan

    Sebelum melakukan perjalanan, perkenalkan terlebih dahulu hewan terhadap mobil Anda. Misalnya dengan mengajaknya bermain-main di mobil, sambil bercerita bagaimana kondisinya.

    hewan di dalam mobilPexels.com

    Perkenalan ini supaya hewan tidak merasa asing dengan kondisi mobil. Sehingga jika nanti Anda membawanya, maka hewan tidak stres dengan suasana asing pada mobil.

    • Bawa Perlengkapan Perjalanan

    Sertakan perlengkapan perjalanan hewan peliharaan seperti mangkuk air, makanan, dan mainan favorit mereka. 

    Pastikan untuk memberi mereka cukup air dan beri makan pada waktu yang tepat selama perjalanan! Ini membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka.

    Hampir mirip dengan membawa bayi, perlengkapan ini sangat penting Anda persiapkan. Apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan  yang cukup jauh.

    • Periksa Kondisi Kesehatan Hewan Peliharaan

    Pastikan hewan peliharaan Anda dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum memulai perjalanan. Bawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan dan pastikan mereka memiliki semua vaksin yang diperlukan.

    Apabila kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membawanya pergi. Sebab, bisa jadi akan menambah keluhan hewan seperti stres saat sedang perjalanan.

    • Ajak dengan Rute Dekat

    Anda tidak bisa langsung membawa hewan dalam mobil untuk perjalanan jauh. Sebaiknya, ajak hewan untuk perjalanan jalan dekat terlebih dahulu. Misalnya saja hanya mengitari kompleks perumahan, dan lain-lain.

    Lakukan secara bertahap mulai jarak dekat, sedang sampai jauh. Biasakan terlebih dahulu hewan peliharaan Anda, sebelum berkendara jarak jauh.

    • Berikan Istirahat Rutin

    Selama perjalanan yang panjang, berikan waktu istirahat untuk hewan peliharaan. Keluarkan mereka dari mobil untuk jalan-jalan singkat, bermain, dan buang air. Ini membantu mengurangi stres dan kelelahan mereka.

    Selain itu, jangan meninggalkan hewan peliharaan terlalu lama dalam mobil. Maka dari itu, apabila Anda beristirahat, sebaiknya ajak hewan untuk keluar juga, supaya tidak membahayakan keselamatannya.

    Dengan mengikuti tips ini, perjalanan bersama hewan peliharaan dapat menjadi pengalaman yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua pihak. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan kebutuhan dan kesejahteraan hewan peliharaan Anda selama perjalanan!