Berita

    Ini Dia Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

    Saat membeli kendaraan bermotor Anda harus cermat saat mengecek surat kelengkapannya. Pastikan kendaraan tersebut memiliki BPKB asli dan dilengkapi STNK untuk menjamin keamanannya.

    Kendaraan bermotor yang dilengkapi surat-surat palsu biasanya barang hasil curian. Oleh karena itu Anda harus hati-hati ketika hendak membeli mobil maupun motor bekas.

    Cara Membedakan BPKB Asli dengan yang Palsu

    Supaya tidak tertipu penjual nakal Anda harus bisa membedakan antara BPKB yang asli dengan yang palsu. Membedakan BPKB yang asli dengan yang palsu sebenarnya tidak terlalu sulit. 

    Namun, dibutuhkan ketelitian dan kecermatan saat mengeceknya, berikut ini cara mudah membedakan BPKB versi asli dan palsu.

    • Cek Bahan Sampulnya

    Pertama-tama jangan langsung melihat bagian isi atau dalamnya, pastikan Anda mengecek bahan sampulnya terlebih dahulu. Sampul BPKB yang asli biasanya menggunakan bahan yang tebal dan terlihat mengkilap. 

    Sekadar informasi, BPKB keluaran terbaru sekarang terdapat lubang berbentuk seperti trapesium di bagian pinggirnya. 

    Sementara untuk BPKB palsu umumnya tidak menggunakan bahan yang demikian. Sehingga terlihat cukup berbeda karena terlihat kusam/buram dan kurang jelas. 

    • Perhatikan Bagian Hologram

    Langkah selanjutnya perhatikan bagian hologramnya, BPKB yang asli biasanya memiliki hologram di bagian sampul atau di halaman pertama. Saat diperhatikan dan diterawang, hologram tersebut akan berubah warna menjadi keabu-abuan. 

    Sementara untuk BPKB yang palsu biasanya menggunakan hologram berwarna kekuningan ketika diterawang. Kendaraan bermotor keluaran 2022 biasanya menggunakan hologram yang dilengkapi benang pada bagian lembar pertama. 

    Untuk BPKB kendaraan keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi QR Code di bagian sisi kanan atas pada lembaga kedua. QR Code tersebut bisa di-scan untuk melihat keaslian dari BPKB. 

    • Cek Data Pemilik Kendaraan

    Setelah memperhatikan bagian hologramnya, Anda harus mengecek data pemilik kendaraan yang tertera di BPKB.  BPKB asli biasanya memperlihatkan informasi lengkap tentang data kendaraan dan data pemiliknya.

    Data kendaraan yang tercantum juga sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sementara untuk BPKB yang palsu biasanya berisi informasi yang tidak sinkron dengan data-data kendaraan, seperti nomor rangka, dan nomor kendaraan.