Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi Inverter Pada Mobil

    Inverter mobil, biasa populer dengan sebutan car inverter adalah komponen yang berfungsi mengubah arus listrik sehingga dapat dipergunakan sebagai pemenuh keperluan listrik. Singkat kata, komponen ini mempunyai kegunaan yang sama layaknya genset darurat.

    Pemakaian komponen ini menjadi solusi ketika memerlukan listrik darurat saat berkendara mobil. Contohnya yakni mengisi ulang daya ponsel maupun laptop, atau menyalakan televisi mini di mobil. 

    Kemudian, sudahkah Anda mengetahui tentang pengertian serta sejumlah fungsi dari inverter ini? Kalau belum, sebaiknya ikuti informasi berikut ini.

    Pengertian Inverter Mobil

    Pada era berbasis teknologi layaknya dewasa ini, sejumlah perangkat yang kerap menemani kegiatan sehari-hari yakni laptop dan ponsel pintar. Nah, ketika keduanya kehabisan daya, apalagi saat perjalanan, otomatis Anda tidak dapat mengusir kebosanan saat di mobil.

    Solusi untuk kendala tersebut adalah keberadaan inverter ini. Namun apa sih sebenarnya inverter? Jika ditelisik dalam berbagai sumber, inverter adalah komponen dalam sistem kelistrikan kendaraan atau mobil yang mampu mengubah arus DC menjadi AC.

    Pengkonversian arus searah menjadi bolak-balik tersebutlah yang mengizinkan mobil dapat memberikan daya pada perangkat elektronik.

    Cara Kerja Car Inverter

    Komponen ini bekerja dengan sederhana, hampir mirip dengan adaptor. Namun, perbedaannya terdapat pada trafo yang ditempatkan dengan posisi terbalik. Dengan demikian, inverter mobil mampu memproduksi arus yang dikonversi menjadi bolak-balik.

    Tidak hanya mengonversi arus listrik DC menjadi AC, komponen ini pun mampu mengkonversi tegangan listrik yang semula 12 menjadi 220 volt. Hal ini berarti setara dengan tegangan listrik yang ada di rumah.

    Keluaran dari komponen ini dapat dimanfaatkan untuk pemakaian listrik skala kecil. Contohnya yakni pengisian ulang daya ponsel maupun laptop, kipas angin, sampai mesin cuci dan kulkas.

    Komponen ini menangkap daya dari kendaraan bergerak serta aki kendaraan ketika dalam posisi diam. Maka demikian, lebih bijaklah Anda jika memakai power inverter ketika mobil dalam posisi nyala. Ini berguna untuk mencegah baterai aki. 

    Sedangkan fungsi dari aki sebagai produsen aliran elektron hasil proses kimiawi bagian kendaraan yang terdapat aki.

    Fungsi Inverter Mobil dan Manfaatnya 

    Pada hakikatnya, jika keperluan daya mencukupi, Anda atau pemilik mobil sebenarnya cukup hanya memanfaatkan daya DC.