Berita

    Kenali Macam-Macam Sabuk Pengaman Mobil

    Sekilas safety belt atau sabuk pengaman pada mobil memiliki bentuk yang sama. Namun faktanya, ternyata ada beberapa macam sabuk pengaman mobil yang umumnya terdapat pada setiap kendaraan roda empat tersebut.

    Meskipun ada beberapa jenis, akan tetapi semua fungsi dari safety belt ini tetap sama, yaitu untuk menahan penumpang dan pengendara agar tidak terlempar dari dalam mobil. Fungsinya sendiri sangat vital, terutama dalam keselamatan berkendara.

    Berbagai Macam Sabuk Pengaman Mobil

    Safety belt merupakan peranti keselamatan pada mobil yang dirancang ke dalam beberapa jenis. Harganya sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis dan kualitasnya. Berikut adalah jenis-jenisnya.

            1. Sabuk Tiga Titik

    Model yang pertama ini umumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil modern. Sistem pengamanan tiga titik memiliki mekanisme sepotong nilon yang membentang dari bagian bahu penumpang, melewati dada kemudian masuk ke dalam sabuk pangkuan.

    Safety belt ini memberikan pengamanan ekstra ketika terjadi benturan. Dengan sabuk ini, energi tubuh akan disebarkan melintasi panggul, bahu dan dada.

            2. Lap Belt

    Macam sabuk pengaman mobil yang berikutnya ini dikenal juga dengan sebutan sabuk pangkuan. Sabuk ini merupakan pengaman yang tergolong paling tua di dunia. Artinya sabuk ini sudah ada sejak lama.

    Sayangnya, model tersebut kini jarang digunakan, karena bentuknya yang kurang sesuai dengan standar keamanan masa kini. Lap belt merupakan pengaman yang hanya melewati pinggang saja.

    Sabuk ini tidak bisa melindungi tubuh secara optimal, terutama saat melindungi bagian kepala penumpang maupun pengemudi.

            3. Sabuk Ikat Pinggang

    Mekanisme dari ikat pinggang atau sabuk bahu ini yaitu menggunakan tali yang bisa disesuaikan oleh pengguna. Sabuk ini bisa dikatakan cukup mampu untuk menahan pengemudi maupun penumpang ketika terjadi kecelakaan.

            4. Automatic Safety Belt

    Sesuai namanya, pengaman otomatis ini sudah digunakan pada beberapa kendaraan. Fungsinya bisa Anda gunakan langsung karena bisa diaktifkan secara otomatis yang bergerak dari tempatnya untuk mengamankan penumpang maupun pengendara.

    Tipe pengaman ini umumnya sudah digunakan pada beberapa tipe mobil yang canggih dan juga modern. Selain mudah digunakan, juga memiliki kualitas pengamanan yang tergolong optimal.