Berita

    Ketahui Jenis Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

    Jika Anda sudah berkomitmen untuk mempunyai mobil, pastikan Anda juga menyiapkan garasinya agar mobil Anda dapat terparkir dengan aman. Sebaiknya membangun garasi tidak asal dan memperhatikan berbagai jenis ukuran garasi mobil yang tersedia.

    Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

    Garasi adalah suatu tempat yang wajib dimiliki oleh pengguna mobil untuk memarkirkan mobilnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun garasi seperti ukuran. Berikut jenis ukuran garasi mobil yang bisa Anda pilih untuk mobil Anda.

    • Garasi Satu Mobil Kecil

    Ukuran tempat parkir 1 mobil kecil ini adalah 2,4 meter x 4,8 meter. Garasi ini cocok bagi Anda yang memiliki 1 mobil kecil city car atau LCGC, seperti Honda Jazz, Brio, Daihatsu Ayla, dan lain sebagainya.

    • Garasi Satu Mobil Besar

    Ukuran tempat parkir 1 mobil besar ini adalah 3 meter x 6 meter atau 3 meter x 5,5 meter. Namun sebaiknya, Anda menyiapkan lahan minimal 3 meter x 6 meter. Bila garasi di dalam ruangan, maka garasi minimal memiliki tinggi 2,8 meter.

    Garasi 1 mobil besar ini cocok bagi Anda yang memiliki mobil van atau SUV, seperti Pajero, Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan lain sebagainya.

    • Garasi Dua Mobil

    Garasi dua mobil yang ideal adalah persegi empat dengan panjang dan lebar sama, yaitu sekitar 6 sampai 6,5 meter. Dengan ukuran ini, dua mobil yang terparkir akan memiliki jarak sekitar 80 cm.

    Keuntungan garasi dua mobil dengan ukuran ini adalah bisa muat beragam jenis mobil, baik mobil kecil maupun mobil besar. Di samping itu, pintu mobil juga tidak akan mengenai mobil lainnya bila dibuka.

    Mengukur Garasi Mobil Sendiri

    Di samping tiga jenis garasi mobil di atas, Anda juga dapat mengukur garasi mobil Anda sendiri sehingga dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Berikut cara mengukur garasi mobil yang ideal:

    • Panjang Garasi

    Ukurlah terlebih dahulu panjang mobil Anda, lalu tambahkan 100 hingga 120 sentimeter sebagai panjang garasi Anda.

    Dengan pengukuran di atas, Anda bisa mendapatkan ruang sebesar 80 hingga 100 sentimeter antara mobil dengan pintu garasi. Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan ruang sebesar 20 sentimeter antara mobil dengan dinding.

    • Lebar Garasi

    Seperti mengukur panjang garasi, ukurlah terlebih dahulu lebar mobil Anda. Setelah mendapatkannya, tambahkan 100 sentimeter sebagai lebar garasi Anda.