Berita

    Featured Image

    Ketahui Teknik Putar Balik Mobil Yang Harus Dilakukan

    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat belajar mengemudi mobil. Satu di antaranya yaitu teknik putar balik mobil. Sebab jika tidak, maka Anda akan kebingungan di jalanan.

    Ada dua teknik putar balik yang bisa Anda pelajari. Namanya adalah Three Point Turn dan U-Turn. Pelajari tekniknya yuk!

    Dua Teknik Putar Balik Mobil

    Berikut cara untuk memutar balik dengan teknik Three Point Turn dan U-Turn. Simak penjelasannya ya!

            1. Three Point Turn

    Seperti namanya, putar balik dengan teknik ini memerlukan tiga titik untuk pemberhentian. Sebab, mobil tidak bisa melakukan putar balik secara langsung, karena lokasi yang sempit, atau posisi kendaraan terlalu susah untuk menjangkau.

    Teknik ini bisa dipelajari untuk pemula. Bahkan sebagai dasar untuk melakukan putar balik kendaraan.

    Caranya, dengan menempatkan mobil pada bagian luar jalan. Kemudian Anda harus melihat spion dan keadaan di jalan, apakah ada kendaraan atau tidak. Jika dirasa sepi, lanjutkan untuk bermanuver.

    Apabila mobil Anda menggunakan transmisi manual, pastikan berada pada gigi 1. Kemudian injak pedal gas dan belokkan ke arah kanan atau kiri. Posisikan mobil hingga miring atau berbelok 90 derajat dari posisi awal. 

    Setelah itu, memundurkan kendaraan jika masih ada ruang untuk mundur. Jangan lupa untuk memeriksa spion dan kondisi sekitar. Supaya tidak ada kendaraan yang terkena mobil Anda.

    Setelah itu, Anda bisa melakukan teknik maju mundur, hingga mendapatkan posisi yang pas untuk putar balik mobil. Setelah berhasil berputar, injak gas dan bergegaslah untuk berangkat.

    Teknik ini bisa Anda lakukan ketika benar-benar dalam keadaan terdesak. Sebab, putar balik dengan cara ini bisa mengganggu kendaraan lain yang lewat. Terlebih bisa membahayakan apabila Anda tidak melihat ada kendaraan lain yang melintas.

            2. U-Turn

    Berikutnya adalah teknik memutar mobil secara langsung. Biasanya digunakan ketika Anda dalam sebuah jalan besar atau lapangan yang memungkinkan untuk putar balik arah. 

    Misalnya saja jika sedang berada di jalan, maka Anda harus mengarahkan mobil sampai ke tengah jalan atau pembatas. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein untuk memberi peringatan pada pengendara lain. Kemudian kontrol kopling dan rem untuk mengurangi kecepatan. 

    Sebelum berbelok, cek keadaan jalur yang akan Anda lalui. Kemudian tidak lupa untuk memperhatikan spion mobil. Setelah memastikan jika sudah sepi, segera berbelok ke lawan arah.