Berita

    Simak Fungsi Dongkrak Hidrolik Yang Wajib Diketahui

    Dongkrak merupakan alat untuk memudahkan proses penggantian ban kendaraan. Dongkrak terdiri atas beberapa jenis, salah satunya dikategorikan berdasarkan sistem gayanya. Terdapat 2 jenis dongkrak menurut sistem gaya, yaitu dongkrak hidrolik dan dongkrak mekanik.

    Artikel ini akan memberikan pembahasan terkait dongkrak jenis hidrolik beserta macam-macam kegunaan atau fungsinya. Bagi Anda yang penasaran, yuk simak pembahasan lebih lanjutnya pada poin berikut.

    Konsep Dongkrak Hidrolik

    Dongkrak jenis hidrolik merupakan salah satu jenis dongkrak yang dibagi berdasarkan penggunaan sistem gaya agar dongkrak tersebut bisa difungsikan dengan baik. Jenis dongkrak satu ini, sesuai namanya, akan memanfaatkan tenaga dari sebuah cairan agar bisa bergerak.

    Dongkrak jenis hidrolik ini menggunakan sistem gaya yang bertumpu pada cairan fluida, yang kemudian cairan fluida tersebut akan menyalurkan tekanan dan berhasil memunculkan gaya angkat.

    Fungsi Dongkrak Hidrolik

    Fungsi umum dari dongkrak adalah untuk membantu dalam proses penggantian ban akibat ban kempes atau bocor pada sebuah kendaraan. Tidak hanya membantu untuk mengganti ban, nyatanya dongkrak jenis hidrolik ini memiliki fungsi lain, di antaranya yaitu sebagai berikut:

    • Membantu Dalam Proses Pemasangan Jack Stand

    Jack stand merupakan sebuah alat yang berguna untuk menahan berat dari sebuah mobil ketika hendak dilakukannya perbaikan pada mobil tersebut. Untuk bisa memasang jack stand dengan sempurna Anda membutuhkan dongkrak.

    Urutannya yaitu, pasang dongkrak dulu baru kemudian melakukan pemasangan jack stand, ketika jack stand sudah terpasang dengan baik dalam artian mampu menahan keseluruhan beban mobil, maka Anda bisa dengan nyaman melepas dongkrak.

    • Membantu Dalam Proses Perbaikan Maupun Pemeriksaan Rem

    Fungsi berikutnya yang bisa dimanfaatkan dari keberadaan dongkrak yaitu membantu saat dilakukannya perbaikan pada sistem pengereman. Sistem pengereman pada mobil terdapat beberapa jenis yang membuat permasalahan pada rem juga bermacam-macam.

    Ketika hendak melakukan baik pemeriksaan maupun perbaikan pada sistem pengereman, dengan masalah yang berhubungan dengan roda, maka kamu memerlukan bantuan sebuah dongkrak.

    Sebagai contoh apabila mobil Anda terasa lengket saat dilakukan pengereman, maka Anda bisa memperbaikinya dengan memasang dongkrak dan melakukan pemeriksaan pada sela roda mobil.

    Cara Kerja Dongkrak Jenis Hidrolik