Berita

    Kenali Fungsi Stiker Hologram STNK Pada Kendaraan

    Melakukan pembayaran pajak kendaraan menjadi sebuah kewajiban, dan harus disadari oleh pemilik kendaraan. Pemerintah sendiri memberi aturan stiker hologram STNK, dan menjadi bukti jika Anda sudah melakukan pembayaran pajak tersebut. 

    Sebenarnya apa fungsi yang dimiliki oleh stiker hologram ini?

    Fungsi Stiker Hologram STNK

    Seluruh kendaraan yang telah memperoleh stiker hologram menjadi tanda sudah melunasi pembayaran pajak kendaraan, baik motor, mobil atau yang lainnya. 

    Aturan penempelan stiker hologram ini adalah ketetapan yang diberikan Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini bekerjasama dengan Korps Lalu Lintas serta Jasa Raharja. 

    Penanda yang memiliki bentuk hologram ini nantinya akan ditempatkan di seluruh kendaraan yang telah melakukan pelunasan wajib pajak. 

    Bukan hanya itu, stiker hologram ini juga menjadi program digitalisasi sebagai bukti pembayaran. Pembayaran ini menjadi bentuk kontribusi PAD atau pendapatan asli daerah yang memiliki total hingga 43%. 

    Bentuk Stiker Hologram STNK

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemasangan stiker hologram ini menjadi bukti PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLLJ. Kemudian, cetakan kertas yang menjadi bukti pembayaran ini juga dilengkapi oleh QR Code yang mempunyai kode hingga 18 digit jumlahnya. 

    Umumnya, penempelan stiker ini akan terus menerus berganti warnanya di setiap tahun. Di proses implementasinya, tanda ini akan ditempelkan di kaca depan, ada juga yang dipasang di bagian kanan kendaraan. 

    Integrasi dengan Sistem Lainnya

    Pada sistem terbaru ini, penggunaan stiker hologram memiliki inovasi lebih lanjut. Inovasi ini adalah perlengkapan instrument RFID atau Instrumen Radio Frequency Identification. Dengan integrasi tersebut, dihadapkan pencatatan warga yang melakukan pembayaran pajak dengan taat dapat dilakukan dengan baik. 

    Tidak hanya itu, inovasi ini juga merupakan pengembangan Modern Road Payment System. Sehingga dapat terintegrasi dengan jenis pembayaran lain seperti parkir, tol, dan lainnya tanpa memerlukan bantuan petugas. 

    Dari inovasi ini, diharapkan bisa memudahkan aparat kepolisian. Hal ini berkaitan dengan penjaringan masyarakat yang tidak melakukan pembayaran pajak melalui tilang elektronik yang sekarang ini sudah mulai dilakukan. 

    Penempelan stiker hologram ini akan langsung terekam dalam server komputer Samsat dengan otomatis. Hal ini juga membuat masyarakat bisa lebih waspada dengan penipuan STNK palsu. 

    Cara Memperoleh Stiker Hologram