Berita

    Simak Fungsi & Jenis Wax pada Mobil

    Selain mencuci mobil, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kilau cat mobil adalah dengan memberikan wax. Wax mobil memiliki banyak jenis sehingga Anda harus mengetahui apa fungsi dan jenis wax yang sesuai dengan mobil Anda. Lalu, apa saja jenis wax untuk mobil? Simak ulasannya berikut ini.

    Mengenal Wax Mobil

    Sebenarnya apa itu wax? Wax sendiri merupakan lapisan bening sintetis yang terbuat dari campuran bahan yang dapat melindungi warna dan kilap cat mobil sehingga mobil Anda akan selalu terlihat seperti baru. 

    Wax sendiri sering disamakan dengan polish padahal keduanya adalah hal yang berbeda, meskipun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yaitu melindungi cat mobil. Polish adalah cairan abrasif yang dapat mengikis permukaan cat yang sudah kusam atau baret, kemudian menjadikan cat kembali mengkilap. 

    Polish sendiri dilakukan pada mobil yang sudah terlanjur kusam, baik karena tidak terawat maupun karena tidak dipakaikan wax. Sedangkan wax adalah lapisan yang melindungi body mobil dan cocok dilakukan ketika kondisi mobil masih baru, sehingga cat tetap terlindungi dan terhindar dari kusam dan baret.

    Cara kerja wax ini yaitu mengaplikasikan wax di atas clear coat body mobil. Lapisan wax akan melapisi dan melindungi cat mobil Anda. Wax bisa dilakukan secara rutin setiap satu bulan atau tiga bulan sekali. 

    Fungsi Wax Mobil

    Wax pada mobil memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

            1. Mencegah Cat Memudar

    Sinar matahari, debu, kotoran dan hujan deras dapat menyebabkan cat mobil Anda perlahan memudar. Selain membuat cat memudar, sinar matahari dan debu dapat menyebabkan mobil terlihat kusam.

    Lapisan wax dapat melindungi eksterior mobil Anda dari pemudaran cat. 

            2. Melindungi Body Mobil dari Goresan

    Tidak hanya dapat mencegah pemudaran warna cat, wax juga dapat melindungi body mobil dari goresan. Debu, pasir, batu maupun kotoran yang menumpuk dapat menggores cat sehingga timbul baret.

    Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan wax. Lapisan wax akan menyebabkan debu atau air meluncur dengan mudah sehingga tidak menimbulkan goresan. 

            3. Membuat Mobil Mengkilap

    Selain memiliki fungsi perlindungan, wax juga memiliki fungsi estetika yaitu membuat mobil Anda terlihat seperti baru. Wax dapat mennjadikan cat lebih berkilau dan terlihat lebih cerah. 

    Jenis-jenis Wax Mobil